Responsive image
on 26 Juni 2020 19:02:37
  • Banyumas
Coronavirus disease 2019 (COVID-19) yang disebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus-2 (SARS-CoV-2) dilaporkan pertama kali pada 31 Desember 2019 di Wuhan Cina dan ditetapkan sebagai pandemic oleh WHO pada 11 Maret 2020. Sejak saat itu, angka kejadian dan angka kematian akibat COVID-19 terus meningkat termasuk di Indonesia.
Manifestasi klinik COVID-19 bisa asimptomatik, gejala ringan/ sedang/ berat, dan sebagian dalam kondisi kritis. COVID_-19 menyerang berbagai organ  yaitu paru, ginjal, hati, jantung, saraf, termasuk sistem darah. Manifestasi klinis yang muncul pada sistem darah berupa sitopenia, koagulopati dan DIC. Lee et al. (2020) melaporkan bahwa 20%–55% pasien Covid-19 yg dirawat di RS menderita koagulopati dan hasil laboratorium menunjukkan adanya koagulopati. Oleh karena itu, penting bagi seorang patologi klinik maupun klinisi yang menangani penderita COVID-19 mengetahui patomekanisme koagulopati pada COVID-19, parameter laboratorium, maupun penatalaksanaan koagulopati.
PDSPatKLIn Cabang Banyumas bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman, PT Saba Indomedika, dan Sysmex menyelenggarakan Round Table Discussion (RTD) secara online dengan judul The Rule of Hemostasis Testing in COVID-19. Acara RTD menampilkan 3 topik bahasan yaitu Hemostasis Parameter in Clinical Testing for COVID-19 dengan narasumber Dr. dr. Wahyu Siswandari, Sp.PK, MSiMed, Hypercoagulation Protocol in COVID-19 dengan pembicara Dr. Wahyu Djatmiko, Sp.PD-KHOM, dan Sysmex Coagulation Presentation oleh Maria Angela Novitasari. 
Sasaran peserta kegiatan RTD ini meliputi spesialis patologi klinik, spesialis penyakit dalam, spesialis paru, spesialis anestesi, dan spesialisasi lain maupun dokter umum yang terlibat langsung dalam penanganan penderita COVID-19. Acara RTD akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 27 Juni 2020, jam 13.00 – 15.00 melalui zoom meeting dan kanal youtube.